Sosial Media

[LENGKAP] Cara Daftar & Menggunakan WhatsApp

Setiap hari pastinya ada saja pengguna baru yang belum tahu cara daftar WhatsApp sekaligus cara menggunakannya. Kalau kamu salah satunya, yuk, baca panduannya di sini.

WhatsApp saat ini telah menjadi salah satu aplikasi chatting paling populer.

Tidak hanya di Indonesia saja, tapi aplikasi yang kini satu naungan dengan Facebook ini juga cukup populer di kalangan pengguna Smartphone di seluruh dunia.

Di tanah air, WhatsApp bahkan bisa dikatakan sebagai salah satu aplikasi wajib yang akan di-install dan digunakan oleh para pengguna ponsel pintar.

Salah satu alasan yang pasti diakui oleh orang-orang yang sudah lama menggunakan WhatsApp, yaitu karena aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur yang dapat memudahkan dalam berkomunikasi.

Namun demikian, banyaknya fitur yang melekat pada aplikasi WhatsApp terkadang menyulitkan bagi para pengguna baru.

Hasilnya, tidak sedikit orang yang baru menggunakan Smartphone, yang bertanya-tanya bagaimana cara daftar akun WhatsApp dan cara menggunakan WhatsApp.

Menyadari akan keresahan para pemula tersebut, kami pun akhirnya berkeinginan untuk menghadirkan panduan komplit cara menggunakan WhatsApp.

Dan setelah melakukan beberapa kali riset data dan informasi, akhirnya keinginan tersebut kami wujudkan dalam bentuk artikel yang kamu baca saat ini.

Nah agar tidak melenceng terlalu jauh, langsung saja silahkan disimak cara buat akun WA baru sekaligus cara menggunakannya bagi kamu yang masih pemula.

Cara Daftar dan Menggunakan WhatsApp Untuk Pemula

Sebelum masuk ke inti bahasan artikel ini, kami harap kamu tidak keberatan untuk menyiapkan beberapa hal yang akan membantu kamu lebih cepat dalam mempraktikkan panduan yang ada di sini.

Beberapa persiapan yang kami maksud yaitu sebuah Smartphone, kartu atau sim card atau nomor Hp yang masih aktif, dan yang tidak kalah pentingnya adalah koneksi Internet.

Jika semuanya sudah kamu siapkan, mari lanjut ke panduan cara mendaftar akun WhatsApp dan cara menggunakan WhatsApp.

Install WhatsApp

Tentu kamu tidak bisa mendaftar dan menggunakan WhatsApp tanpa menginstallnya terlebih dahulu.

Karena itu, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menginstall aplikasi WhatsApp melalui Google Playstore.

Berikut cara install WhatsApp di Smartphone Android:

  1. Hidupkan ponsel kamu dan buka aplikasi Google Playstore.
  2. Pada kolom pencarian di Playstore, silahkan ketikkan “WhatsApp”, “WA”, atau “WhatsApp Messenger”.
  3. Sejurus kemudian Playstore akan menampilkan daftar aplikasi yang terkait dengan frase yang kamu tuliskan pada kolom pencarian.

    Di sini kamu jangan sampai salah pilih. Pastikan kamu memilih aplikasi WhatsApp original seperti gambar di bawah ini.
    cara-install-whatsapp-di-android
  4. Selanjutnya silahkan tap saja pada nama aplikasinya yaitu “WhatsApp Messenger”. Maka, akan terbuka informasi detail dari aplikasi WA seperti di bawah ini.
    cara-daftar-akun-whatsapp-baru
  5. Jika kamu belum menginstall WhatsApp, maka di sebelah tombol “uninstall” pada gambar di atas akan ada tombol bertuliskan “install“. Tap saja tombol “install” tersebut untuk memulai proses install atau pemasangan aplikasi WhatsApp di ponsel kamu.
  6. Setelah proses instalasi beberapa saat, kamu akan mendapatkan notifikasi dan akan melihat icon aplikasi WA dalam daftar aplikasi yang sudah terinstall di Smartphone kamu. Selesai.
    cara-buat-akun-whatsapp

Sampai di sini kamu sudah berhasil menginstall aplikasi WA. Selanjutnya kita masuk ke panduan cara daftar akun WhatsApp baru.

Daftar Akun WhatsApp

Sebelum mulai mendaftar akun di WhatsApp, pastikan kamu sudah punya sim card aktif yang akan kamu jadikan nomor WhatsApp kamu.

Nantinya proses versifikasi akun akan dilakukan pihak WhatsApp dengan mengirim kode OTP ke nomor kartu tersebut.

Berikut cara daftar akun WhatsApp baru di Android:

  1. Tap atau klik pada icon WhatsApp di ponsel kamu. Maka kamu akan mendapati tampilan awal aplikasi WhatsApp seperti gambar di bawah ini.
    cara-daftar-akun-wa-baru

    Di sini, kamu hanya perlu men-tap tombol “SETUJUI DAN LANJUTKAN” untuk melangkah ke proses berikutnya.
  2. Selanjutnya akan tampil halaman verifikasi nomor Hp. Seperti kamu lihat pada gambar di bawah, di sini silahkan masukkan nomor sim card kamu.

    Hati-hati, ya, pastikan kamu memasukkan nomor Hp yang benar. Setelah itu tap saja pada tombol “LANJUT”.
    verifikasi-nomor-hp-wa

    Kemudian saat muncul pesan konfirmasi verifikasi nomor telepon, silahkan ketuk atau tap “OKE”.

    Proses verifikasi pun akan dimulai. Kalau kamu mengaktifkan sim card di ponsel yang sama dengan yang kamu gunakan mendaftar akun WA, biasanya WhatsApp akan otomatis mendeteksi kode OTP yang mereka kirim sehingga kamu tidak perlu memasukkan kode OTP secara manual.
  3. Setelah muncul halaman seperti gambar di bawah ini, maka artinya akun WhatsApp kamu sudah berhasil dibuat.
    cara-bikin-akun-wa-baru-di-hp

    Di sini kamu hanya perlu memasukkan nama profil WhatsApp yang ingin kamu gunakan kemudian tap tombol “LANJUT”. Selesai.

Mengatur Profil WhatsApp

Melanjutkan langkah ketiga pada bagian cara daftar akun WhatsApp di atas, jika mau kamu juga bisa menambahkan beberapa pengaturan lanjutan untuk profil WA kamu.

Misalnya, sebelum mulai berkirim pesan via WhatsApp, mungkin kamu ingin membuat profil whatapp kamu terlihat lebih menarik dengan menambahkan foto profil dan info atau deskripsi akun.

Berikut cara menambahkan sekaligus mengubah foto profil WhatsApp:

  1. Buka aplikasi WhatsApp dan di halaman depan silahkan tap titik tiga di kanan atas layar. Selanjutnya pilih menu setting atau pengaturan.
  2. Di dalam menu pengaturan langsung saja tap nama profil WA kamu. Maka akan muncul informasi detail dari akun WhatsApp kamu.
  3. Untuk menambahkan atau mengganti foto profil, silahkan tap pada icon bergambar “kamera”. Maka, akan muncul dua opsi yaitu memilih foto atau gambar dari galeri atau dari tangkapan kamera langsung. Silahkan pilih salah satunya.
    cara-membuat-whatsapp-di-samsung

    Setelah itu ikuti saja instruksi aplikasi sampai sampai kamu berhasil mengganti foto profil WA. Selesai.

Oh ya, selain foto profil kamu juga bisa menambahkan atau mengganti info akun WA kamu.

Ini layaknya sebuah deskripsi yang bisa kamu manfaatkan untuk menjelaskan perihal diri kamu kepada orang lain yang membuka profil WA kamu nantinya.

Cara menambahkan info akun WA ini mudah saja. Kamu hanya perlu men-tap opsi “Info” dan mengedit deskripsinya dengan men-tap icon “pensil”. Kemudian tap “Simpan” jika sudah selesai.

Simpan Kontak di WhatsApp

Secara default sebenarnya WhatsApp akan langsung mendeteksi nomor Hp atau kontak yang sudah terdaftar di WhatsApp.

Jadi kalau kamu punya teman yang juga sudah menginstall WhatsApp dan kamu sudah menyimpan nomornya, maka secara otomatis WhatsApp akan menampilkan nomor tersebut sebagai nomor yang siap dikirimi pesan via WhatsApp.

Lalu bagaimana caranya menyimpan nomor kontak baru di WhatsApp yang belum kamu simpan di memori ponsel atau sim card?

Untuk hal ini kamu tinggal ikuti panduan berikut ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp kamu dan langsung saja tap icon chat seperti gambar di bawah.
    cara-simpan-kontak-wa
  2. Kemudian, silahkan tap opsi “Kontak Baru”.
    cara-simpan-nomor-wa
  3. Selanjutnya silahkan isi “Nama Depan” pemilik nomor. Kalau kamu mau, kamu juga bisa melengkapi semua isian yang ada yaitu “Nama Belakang” dan “Tempat Kerja”.
    nama-depan-kontak-wa
  4. Berikutnya tap lagi pada opsi “Tambahkan Nomor” dan isi bagian ini dengan nomor telepon pemilik kontak.
    cara-simpan-kontak-baru-whatsapp
  5. Terakhir silahkan tap tombol “Simpan” yang terletak di kanan atas layar. Selesai.

Cara Kirim Pesan Teks WhatsApp

Setelah mengatur profil dan menambahkan nomor kontak baru, sekarang kamu sudah bisa menggunakan WhatsApp untuk berkirim pesan.

Berikut ini cara mengirim pesan teks via aplikasi WhatsApp:

  1. Buka aplikasi WhatsApp kamu.
  2. Pada tabchat“, silahkan tap iconchat” maka akan tampil daftar kontak yang bisa kamu pilih untuk dikirimi pesan. Silahkan pilih salah satu.
  3. Setelah tampil halaman personal chatting seperti gambar di bawah, silahkan ketikkan isi pesan yang ingin kamu kirim pada kotak yang tersedia.
    cara-kirim-pesan-teks-wa
  4. Selanjutnya silahkan tap icon bergambar panah di samping kotak pesan untuk mengirimnya. Selesai.

Cara Kirim Pesan Suara WhatsApp

Asiknya selain pesan teks, kamu juga bisa mengirim pesan suara menggunakan aplikasi WhatsApp.

Jadi kalau kamu malas mengetik pesan teks, opsi ini bisa kamu pilih dan sepertinya lebih praktis.

Berikut cara mengirim pesan suara di WhatsApp:

  1. Ulangi langkah 1 sampai langkah 2 pada cara kirim pesan teks di atas.
  2. Pada halaman pesonal chatting, silahkan tap dan tahan tombol bergambar “mic” yang ada di kanan kotak untuk menulis pesan teks.
    cara-kirim-pesan-suara-whatsapp

    Tekan dan tahan kemudian ucapkan pesan suara yang ingin kamu kirim. Setelah itu, lepaskan tombol “mic” maka pesan suara akan otomatis terkirim. Selesai.

Cara Melakukan Panggilan Suara dan Video Call di WhatsApp

Yang istimewa WhatsApp juga bisa kamu gunakan untuk melakukan panggilan, baik itu panggilan suara maupun panggilan video (video call).

Hal ini, kiranya sudah cukup jadi bukti bahwa tidak mengherankan jikalau orang-orang sangat menyukai aplikasi chatting satu ini dan melupakan fitur panggilan telepon bawaan ponsel dan fitur Sort Messages Service (SMS).

Untuk melakukan panggilan suara dan panggilan video via WhatsApp caranya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah seperti di bawah ini.

Cara melakukan panggilan suara dan video di WhatsApp:

  1. Silahkan buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pada tabchat“, silahkan pilih salah satu chat teman yang ingin kamu panggil.
  3. Kemudian di halaman personal chat yang terbuka, lihat pada bagian atas kanan layar aplikasi. Di sana ada dua opsi yang tersedia untuk melakukan panggilan suara atau panggilan video.
    cara-telpon-dan-video-call-di-whatsapp

    Jika ingin melakukan panggilan suara, silahkan ketuk icon bergambar gagang telepon. Sedangkan jika ingin melakukan video call, silahkan tap pada icon bergambar kamera. Selesai.

Selain dengan cara di atas, kamu juga bisa melakukan panggilan suara dan video melalui tab panggilan.

Cara ini bisa kamu pilih jika teman yang ingin kamu panggil tidak ada riwayat chatting dengan kamu di tab chat.

Caranya adalah silahkan buka tab panggilan dan ketuk pada icon bergambar gagang telepon. Letaknya di kanan bawah layar aplikasi.

cara-melakukan-panggilan-suara-dan-video-wa

Setelah itu akan terbuka daftar kontak yang tersimpan di ponsel kamu.

Nah berikutnya, silahkan cari saja kontak yang ingin kamu telepon dan ketuk icon telepon atau icon kamera yang ada di samping nama kontak. Selesai. 

Penutup

Yup, demikian tadi artikel tentang cara daftar WhatsApp baru dan cara menggunakan WhatsApp di  ponsel Android. Semoga bermanfaat khususnya bagi kamu yang benar-benar pemula dan belum tahu sama sekali mengenai cara mengoperasikan aplikasi WhatsApp.

Lelaki sederhana, penyendiri. Suka nonton bola dan baca tech news :)

Kamu juga pasti ingin membaca artikel lainnya berikut ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *