Sosial Media

[Khusus Pemula] Cara Membuat Grup WA Terbaru

Ingin punya ruang diskusi khusus bersama teman-teman kamu di WhatsApp? Gampang, bikin saja grupnya. Cara membuat grup WA baru bisa kamu pelajari di sini.

WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting yang hingga saat ini masih menjadi pilihan terbaik karena memiliki fitur yang menurut kami sangat lengkap.

Selain fitur untuk membuat status WA, aplikasi ini juga punya satu fitur keren yaitu fitur grup yang memungkinkan kamu membuat area diskusi khusus bersama teman-teman kamu yang ada di grup tersebut.

Dengan fitur ini kamu bisa membuat grup WA khusus untuk teman kuliyah, teman sehobi, teman kerja hingga grup WA keluarga.

Salah satu kelebihannya, kamu tidak perlu mengirim chat yang isinya sama berkali-kali ke masing-masing teman kamu.

Setelah kamu dan mereka tergabung dalam satu grup, maka jika ingin menginformasikan suatu hal, kamu cukup mengirim informasi ke grup tersebut dan semua anggota grup bisa membacanya.

Selain itu tentu masih banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan setelah membuat grup WA.

Untuk lebih jelasnya, mari simak cara membuat grup WhatsApp baru dan berbagai hal terkait fitur grup WA berikut ini.

Apa Itu Grup WhatsApp?

Grup WA adalah salah satu fitur yang dimiliki aplikasi WhatsApp.

Fitur ini bisa kamu gunakan untuk membuat sebuah grup yang nantinya bisa kamu gunakan untuk berkirim chat atau informasi kepada sesama anggota grup.

Kelebihan Membuat Grup WA

Selain salah satu kelebihan yang sudah kami tuliskan di atas, manfaat lain jika kamu tergabung dalam sebuah grup WhatsApp diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Bertemu Kawan Lama

Tidak mustahil dalam sebuah grup WA kamu akan bertemu dengan berapa teman lama.

Terlebih jika grup tersebut adalah grup alumni kampus kamu misalnya, maka kamu bisa bertemu dan menjalin silaturrahmi online bersama teman-teman yang dulu pernah satu jurusan dengan kamu.

2. Mendapatkan Teman Baru

Saat ini ada banyak grup WhatsApp yang link grup nya bahkan bisa kamu dapatkan di Internet.

Jika kamu suka mencari dan berkenalan dengan orang-orang baru, maka kamu bisa masuk salah satu grup dan akan menemukan banyak sekali daftar kontak yang bisa kamu jadikan teman dan membangun relasi dengan mereka.

Hal ini kami kira sah-sah saja sepanjang tujuannya positif misalnya untuk mencari rekan bisnis baru.

3. Mendapat Hiburan Gratis

Karena grup WhatsApp dihuni orang-orang dari berbagai latar dan karakter, tidak jarang kamu juga akan menemukan grup WA yang isinya orang-orang lucu, maksud kami suka mengirim pesan atau chat-chat lucu.

Nah tentunya, ini bisa menjadi hiburan gratis yang bisa menghibur kamu dikala sedang tertimpa kegalauan.

Itulah beberapa manfaat grup WhatsApp. Selebihnya mungkin akan kamu rasakan setelah bergabung atau membuat grup WA kamu sendiri.

Cara Membuat Grup WA Baru

Setelah mengetahui apa itu grup WhatsApp serta manfaatnya, selanjutnya kamu mungkin ingin membuat grup WA yang berisi teman dekat, teman kerja, atau anggota keluarga kamu.

Tenang saja, cara membuat grup WhatsApp terbaru sangatlah mudah. Kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel kamu.
  2. Pastikan kamu berada di tab atau jendela obrolan. Lalu silahkan ketuk tanda titik tiga di kanan atas layar. Kemudian ketuk atau pilih menu “grup baru”.
    cara-membuat-grup-wa-sendiri
  3. Selanjutnya akan terbuka daftar kontak yang mana di sini kamu harus memilih minimal satu kontak yang akan kamu masukkan sebagai anggota grup. Kamu bisa pilih satu dulu atau bisa juga memilih beberapa kontak dan ketuk tanda panah di kanan bawah untuk lanjut ke tahap berikutnya.
    cara-buat-grup-whatsapp
  4. Kemudian akan muncul jendela untuk mengatur subjek atau nama grup kamu serta mengatur icon grup. Di sini silahkan ketik nama grup yang kamu inginkan di kolom subjek. Untuk menambahkan icon kamu bisa mengetuk icon kamera di samping kiri maka akan terbuka tiga opsi untuk mencari icon, apakah di galeri, kamera atau di web. silahkan pilih salah satu.
    cara-buat-grup-wa-terbaru
  5. Jika sudah, selanjutnya silahkan ketuk tanda centang maka proses membuat grup WA sudah usai dan jendela obrolan grup pun akan langsung terbuka.

Sampai di sini kamu sudah berhasil membuat sebuah grup WhatsApp.

Berikutnya kamu bisa melakukan berbagai pengaturan grup seperti di akan kami paparkan di bawah ini.

Cara Mengubah Nama Grup WhatsApp

Mungkin saja nama grup yang kamu buat di awal ingin diubah karena kurang bagus atau kurang merepresentasikan maksud atau tujuan pembuatan grup.

Kabar baiknya, kalau kamu berstatus admin, maka nama grup WA bisa kamu ubah kapan saja dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp dan buka grup yang ingin diubah namanya.
  2. Selanjutnya pada jendela obrolan grup, silahkan ketuk titik tiga di kanan atas layar dan pilih info grup.
    cara-merubah-nama-grup-wa
  3. Kemudian akan terbuka jendela yang berisi berbagai pengaturan grup seperti menambah deskripsi, notifikasi, media dan sebagainya. Nah untuk mengubah nama grup, silahkan ketuk pada icon pensil maka akan terbuka jendela untuk memasukkan subjek baru. Setelah menambahkan nama baru, silahkan ketuk tombol OKE di bawah layar untuk mengakhiri proses.
    cara-ganti-nama-grup-whatsapp

    Yang perlu diperhatikan, bahwasanya WhatsApp standar hanya mengizinkan untuk membuat nama grup dengan panjang maksimal 25 karakter. Jadi silahkan atur sedemikian rupa agar tidak melebihi 25 karakter. Selesai.

Kamu bebas berkreasi membuat nama grup semenarik mungkin. Untuk menambah kesan unik, selain teks kamu juga bisa menambahkan simbol atau emoticon pada nama grup WhatsApp kamu.

Cara Mengganti Icon Grup WA

Selain mengubah nama grup, kamu juga bisa mengganti icon atau gambar foto profil grup WhatsApp kamu.

Ya bisa saja kan, suatu saat kamu punya logo grup sendiri dan ingin menggunakannya sebagai icon grup.

Berikut ini cara mengganti icon grup WhatsApp:

  1. Ulangi langkah satu dan dua pada cara mengganti nama grup WA di atas.
  2. Selanjutnya pada jendela pengaturan grup, silahkan ketuk pada foto profil grup maka akan terbuka jendela icon grup.
  3. Ketuk pada icon pensil di kanan atas layar. Di sana ada juga icon share kalau kamu ingin membagikan foto atau icon grup.
    cara-ganti-icon-grup-wa
  4. Setelah mengetuk icon pensil, maka akan terbuka 4 opsi yaitu hapus icon, galeri, kamera, dan cari di web. Silahkan pilih opsi galeri, kamera tau cari di web untuk memilih gambar yang akan kamu jadikan icon grup baru. Selesai.

Belum punya WhatsApp dan belum tahu cara daftar WA? Baca ulasan cara membuat akun WA baru ini.

Cara Menambahkan Anggota Baru ke Grup WA

Sebelumnya perlu diketahui bahwa WhatsApp standar hanya bisa berisi maksimal 256 anggota.

Jika kamu punya grup WA dan berstatus sebagai admin, maka kamu bisa menambah anggota baru dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka WA dan buka grup di mana kamu menjadi adminnya.
  2. Di jendela obrolan grup, silahkan ketuk titik tiga di kanan atas layar dan pilih menu info grup.
  3. Selanjutnya scroll ke bawah sampai menemukan menu atau fitur tambah peserta. Untuk menambahkan anggota baru secara manual, silahkan ketuk menu tambah anggota tersebut dan pilih siapa saja yang mau kamu tambahkan dari daftar kontak yang muncul.
    cara-menambah-anggota-baru-grup-wa
  4. Kemudian ketuk tanda centang.

Selain menambahkan aggota baru secara manual, kamu juga bisa mengirim link tautan grup ke orang-orang atau teman kamu yang ingin kamu undang masuk grup.

Caranya setelah sampai pada langkah ketiga di atas, ketuk pada menu undang via tautan untuk membuka jendela tautan undangan.

Nah pada jendela tersebut ada tiga opsi yang bisa kamu pilih yaitu kirim tautan via WhatsApp, salin tautan dan bagikan tautan.

Silahkan coba saja satu persatu opsi tersebut untuk mengirimkan tautan grup WA kamu kepada siapapun.

Cara Menghapus Anggota Grup WA

Dalam sebuah grup WhatsApp, terkadang ada saja satu atau beberapa anggota yang “nyebelin” dan sering membuat kegaduhan sehingga mengganggu kenyamanan anggota lain.

Nah kalau kamu menemukan anggota seperti ini, kamu bisa menghapus atau mengeluarkan mereka dengan cara sebagai berikut:

  1. Ulangi langkah pertama dan kedua pada cara menambah anggota grup di atas.
  2. Geser ke bawah sampai kamu mendapati daftar anggota grup.
  3. Kemudian silahkan ketuk pada nama atau kontak anggota yang ingin kamu keluarkan.
    cara-mengeluarkan-anggota-grup-wa
  4. Selanjutnya pada menu yang muncul, silahkan ketuk opsi keluarkan. Selesai.

Perlu diketahui bahwa menambah ataupun mengeluarkan anggota grup hanya bisa dilakukan oleh admin grup.

Jadi, pastikan kamu sudah berstatus admin sehingga kamu bisa mengakses kedua menu di atas.

Cara Mengatur Agar Hanya Admin Yang Bisa Chat di Grup WA

Cara lain untuk membuat suasana grup tetap kondusif tanpa harus mengeluarkan satu atau beberapa anggota yang “nyebelin” adalah dengan mengatur hanya admin yang bisa mengirim pesan ke grup tersebut.

Dengan begitu, anggota yang bukan admin tentu tidak bisa lagi mengirim pesan apapun.

Kami kira cara ini akan lebih manusiawi karena kamu tidak perlu mengeluarkan siapapun dari grup yang bisa saja menimbulkan kekecewaan.

Untuk mengatur agar di grup WhatsApp hanya admin nya yang bisa mengirim chat, caranya sangat mudah yaitu dengan beberapa langkah di bawah ini:

  1. Ulangi lagi langkah pertama dan kedua pada cara menambah anggota grup di atas.
  2. Geser lagi ke bawah dan pilih menu setelan grup.
  3. Di dalam menu setelan grup akan ada tiga opsi pengaturan salah satunya kirim pesan atau send messages. Nah, ketuk saja opsi atau menu tersebut maka akan muncul jendela yang berisi pengaturan untuk menentukan siapa saja yang bisa mengirim pesan.
    cara-agar-grup-wa-hanya-admin-yang-bisa-chat
  4. Secara default opsi yang terpilih adalah semua peserta. Nah untuk mengubahnya agar yang bisa mengirim pesan hanya admin, maka silahkan ganti opsinya atau pilih opsi hanya admin. Kemudian klik OKE. Selesai.

Setelah menerapkan settingan di atas, maka selanjutnya tidak akan ada lagi peserta atau anggota grup yang bisa mengirim pesan.

Kalaupun dikemudian hari kamu berubah fikiran, maka kamu bisa mengembalikan pengaturan default agar anggota yang bukan admin bisa mengirim chat kembali.

Penutup

Nah, itulah cara membuat grup WA sendiri. Sangat mudah dan pastinya bisa kamu praktikkan langsung, bukan? Akhirnya semoga artikel ini berguna dan menambah wawasan kamu sekalian.

Lelaki sederhana, penyendiri. Suka nonton bola dan baca tech news :)

Kamu juga pasti ingin membaca artikel lainnya berikut ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *