Cara Mudah Menghapus Akun WhatsApp di HP Secara Permanen

Mudahkan cara menghapus akun WhatsApp permanen? Bagi kamu yang ingin menghapus akun WA wajib membaca artikel di bawah ini.

Keputusan menghapus akun WhatsApp mungkin terdengar hal yang sedikit memusingkan dan membingungkan. Apalagi jika akun kamu sudah tersebar luas untuk berbagai keperluan.

Ketika kamu memutuskan untuk mengaktifkan akun kembali, semua data yang kamu miliki tidak dapat dipulihkan. Sudah siap menerima semua resiko?

[adinserter block=”2″]

Apa Yang Terjadi Setelah Menghapus Akun WhatsApp?

Sebelum kami mulai menjelaskan cara menghapus akun WA, ada baiknya kamu mengetahui hal-hal yang akan terjadi jika akun WA kamu dihapus.

Back up pesan

Menghapus akun WA berarti kamu harus siap kehilangan semua history serta record obrolan. Kamu tidak bisa membuka akun dan tidak bisa melihat pesan-pesan yang sudah diterima sebelumnya.

Bahkan back up data yang ada di Google Drive untuk Android dan iCloud untuk iphone juga tidak memiliki catatan pesan terdahulu.

Pesan masuk

Jika kamu sudah menghapus akun WA maka kontakmu tidak akan muncul di kontak WhatsApp temanmu. Namun jika temanmu masih menyimpan thread obrolan, maka merek bisa mengirimkan pesan kepadamu.

Namun pesan tersebut tidak benar-benar bisa terkirim dan hanya akan berstatus centang satu.

Group WhatsApp

Kamu akan secara otomatis meninggalkan grup WhatsApp yang kamu ikuti. Kontak teman-temannmu akan menampilkan status kamu telah meninggalkan grup.

Bahkan kontak kamu akan menghilangkan dari daftar kontak teman-temannmu.

[adinserter block=”3″]

Pengaturan WhatsApp

Jika kamu sering melakukan pengaturan pada akun WhatsApp maka ketika kamu menghapus akunnya, semua pengaturan akan kembali ke normal.

Jika kamu kembali menggunakan WhatsApp maka kamu akan kembali ke pengaturan asli WA.

Foto profil akun

Menghapus akun WA tidak berarti foto profil yang kamu gunakan akan hilang. Foto profil tersebut masih akan tersimpan di dalam memori HP kamu.

Foto dan dokumen

Semua data baik gambar, pesan suara maupun dokumen masih akan tersimpan di dalam memori HP kamu walaupun akunnya sudah dihapus. Bahkan kamu juga bisa memindahkan data tersebut ke penyimpanan lain.

Sarana pembayaran

Pada beberapa negara, WhatsApp bisa digunakan sebagai sarana pembayaran digital. Jika kamu menghubungkan akun kamu sebagai metode pembayaran maka kamu perlu menghubungkan ulang dengan akun yang baru.

Karena akun WhatsApp yang sudah dihapus akan otomatis terputus.

[adinserter block=”4″]

Cara Menghapus Akun WhatsApp

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghapus akun WA. Yaitu pada perangkat Android dan iPhone.

Kamu pun bisa menghapus akun tersebut dari dalam aplikasi WhatsApp. Penasaran? Yuk simak tutorialnya.

Hapus Akun WhatsApp Android

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Kemudian klik opsi lainnya, pilih setelan kemudian klik Akun dan pilih Hapus akun saya.
  3. Masukkanlan nomor HP yang digunakan pada WA dengan format nomor internasional.
  4. Jika sudah memasukkan nomor HP dengan benar klik Hapus akun saya.
  5. Pilihlah alasan mengapa kamu ingin menghapus akun kamu.
  6. Jika sudah selesai klik Hapus akun saya. Namun perlu diingat, jika kamu memutuskan untuk menghapus akun maka semua data tidak bisa dikembalikan. Bahkan jika kamu melakukan penghapusan akun secara tidak sengaja, WhatsApp tidak bertanggung jawab.

Hapus Akun WhatsApp iPhone

Cara menghapus akun WA di Android dan iPhone tidak jauh berbeda. Langkahnya hampir sama.

  1. Masuklah ke aplikasi WhatsApp.
  2. Kemudian ketuk akun kamu.
  3. Pilihlah Hapus akun saya.
  4. Tinjau peringatan yang muncul.
  5. Masukkan nomor HP yang kamu daftarkan.
  6. Kemudian klik hapus akan saya.
  7. Maka akun WhatsApp kamu akan otomatis terhapus. Namun bagaimana jika kamu ingin mengganti akun tersebut pada perangkat baru? Tentu saja bisa dilakukan.
  8. Kamu bisa menonaktifkan akun pengguna kemudian memindahkan akun tersebut pada perangkat yang baru.
[adinserter block=”5″]

Cara Menonaktifkan Akun Pada Perangkat Yang Hilang

Lalu bisakah menghapus akun namun perangkatnya tidak ada di tangan kamu alias hilang? Jangan khawatir!

Untuk mencegah penyalahgunaan, kamu bisa menghapus akun tanpa memegang perangkat yang digunakan. Kamu bisa mengirimkan email ke WhatsApp.

Kamu harus melaporkan jika kamu kehilangan perangkat atau HP dan ingin menonaktifkan akun tersebut.

Kamu bisa mengirimkan email yang berisi Lost/ Stolen: Please deactivate my account atau tuliskan Hilang atau dicuri: Tolong nonaktifkan atau matikan akun saya.

Serta tuliskan nomor HP yang kamu gunakan untuk mendaftarkan akun. Tunggu beberapa saat sampai mendapatkan notifikasi dari WhatsApp.

Bisakah Membuat Akun WA Baru Dengan Nomor Lama

Apakah bisa kamu mendaftarkan akun WA baru dengan nomor terdahulu? Ya tentu saja bisa asalkan nomor yang kamu gunakan masih aktif.

Untuk membuat akun atau mengaktifkan akun, kamu perlu mendapatkan verifikasi dengan nomor HP yang kamu gunakan.

Setelah mendaftarkan kembali akun, kamu harus mulai pengaturan seperti sedia kala.

Jangan kaget, walupun akun yang digunakan sama namun kamu tidak akan bisa menemukan pesan atau data. Semua akan ditampilkan seperti baru dan tidak ada isinya.

Jika kamu ingin bergabung pada grup WhatsApp terdahulu, maka kamu harus meminta bergabung ke dalam grup dari admin grup tersebut.

Cukup mudah bukan cara menghapus akun WhatsApp permanen? Namun perlu diketahui, kamu tidak bisa memulihkan akun tersebut selama 90 hari ke depan.

Kamu harus menunggu 90 hari lagi jika ingin mengaktifkan kembali akun tersebut. Berbagai jenis data yang kamu miliki tidak bisa diakses dalam jangka waktu yang audah ditentukan tersebut.