Edit Foto

Cara Mudah Membuat Pas Foto 4x6 di Photoshop

Artikel ini berisi panduan membuat pas foto menggunakan Photoshop. Baca tutorialnya sampai tuntas, ya.

Penting untuk mengetahui cara membuat pas foto agar kamu tidak perlu membayar jasa di studio foto.

Karena itu, disini akan kami share tutorial singkat dan sederhana mengenai cara membuat pas foto berbagai ukuran untuk para pemula.

Aplikasi edit foto yang kami gunakan di seri tutorial kali ini adalah Photoshop. Jadi, Insya Allah kamu akan mudah mengikuti panduannya.

Yuk, teruskan membaca!

Apa Itu Pas Foto

Mungkin di antara kamu ada yang bertanya, sebenarnya kenapa dan apa sih yang dimaksud pas foto atau pasfoto itu?

Pengertian pas foto itu apa?

Nah jawabannya, ternyata pas foto ini menurut KBBI berarti foto ukuran kecil dari kepala sampai dada.

Lebih lanjut, istilah pasfoto ini ternyata merupakan kata serapan dari bahasa Belanda yaitu “pasfoto”.

Kata “pas” pada “pasfoto” merupakan penggalan dari kata “paspoort” yang dalam bahasa Belanda berarti “bukti identitas diri”.

Dalam bahasa Inggris, “paspoort” ini biasa disebut “passport photo.

Tapi jika melihat artinya dalam bahasa Belanda, maka pasfoto tidak hanya digunakan untuk keperluan membuat passport, tapi juga bisa untuk keperluan membuat KTP, SIM, dan yang lainnya.

Kegunaan Pas Foto

Di Indonesia sendiri pas foto tidak hanya digunakan saat membuat passport, SIM, atau KTP.

Kalau kamu ingat semasa SD dulu, di Ijazah SD kita juga ada pas foto hitam putih bukan?

Begitu pun di Ijazah SMP, SMA, hingga Ijazah kita dari perguruan tinggi, semuanya juga pasti ada foto diri kita dari kepala sampai dada meski warna background-nya mungkin tidak lagi hitam putih tapi sudah berwarna biru atau merah.

Kemudian pas foto di Indonesia juga biasa digunakan pada buku nikah.

Selain itu, pas foto juga kita butuhkan saat akan membuat berkas lamaran kerja seperti pada dokumen SKCK, riwayat hidup (CV), dan bahkan melampirkan beberapa pas foto yang diminta pembuka lowongan kerja.

Intinya kegunaan pas foto ini sangat banyak. Karena itulah mengetahui cara membuatnya sangatlah penting.

Standar Ukuran Pas Foto di Indonesia

Saat ini ukuran standar pas foto yang lazim digunakan di Indonesia adalah ukuran 2×3, 3×4, dan 4×6 dalam satuan centimeter.

Sementara itu untuk porsi anggota tubuh yang harus terlihat, terkadang ada yang mengharuskan agar pas foto menampilkan 80 persen wajah kita.

Tapi hal ini mungkin tergantung dari permintaan pihak yang meminta pas foto.

Nah untuk yang harus menampilkan 80 persen wajah, dari beberapa referensi yang kami baca merupakan aturan saat membuat passport haji dan umroh.

Adapun ketiga ukuran pas foto di atas jika diubah ke dalam milimeter dan inchi adalah sebagai berikut:

Tabel ukuran pas foto:

Ukuran Pas Foto (cm)Ukuran Dalam MilimeterUkuran Dalam Inchi
2×3 cm20×30 mm0,7×1.1 inchi
3×4 cm30×40 mm1.1×1.5 inchi
4×6 cm40×60 mm1,5×2,3 inchi

Persiapan Sebelum Membuat Pas Foto

Setelah mengetahui apa itu pas foto, kegunaannya untuk apa dan berapa ukuran standarnya, selanjutnya kamu perlu mengetahui apa saja yang harus disiapkan sebelum mulai membuat pas foto.

Hal ini agar kamu bisa lebih lancar dan lincah saat mengikuti panduan membuat pas foto sendiri yang sebentar lagi akan kami share di bawah.

Nah, berikut beberapa hal yang perlu kamu siapkan:

1. Pastikan kamu sudah meng-install software Photoshop. Versi Photoshop-nya terserah saja. Tapi untuk panduan ini kami menggunakan Adobe Photoshop versi CC terbaru. Nah, kamu bisa menggunakan Photoshop versi cs3, cs4, ataupun cs6.

2. Siapkan sebuah foto yang akan dijadikan pas foto. Agar lebih mudah pada tahap croping, sebaiknya gunakan foto dengan background warna yang sama, misalnya warna putih. Kamu bisa foto diri kamu di depan tembok misalnya.

3. Ingat kembali angka tahun lahir kamu. Ini penting karena warna background pas foto biasanya ditentukan berdasarkan tahun lahir. Jika angka tahun lahir kamu genap, maka bacground pas foto kamu harus berwarna biru. Sedangkan jika ganjil, background-nya harus berwarna merah.

Nah kalau semuanya sudah siap, mari lanjutkan ke tahap pembuatan pas foto dengan Photoshop berikut ini.

Cara Membuat Pas Foto di Photoshop

Berikut langkah-langkah membuat pas foto di Photoshop:

1. Pada software Photoshop yang telah terbuka, buka foto yang telah kamu siapkan tadi dengan cara klik menu file -> open, dan cari di folder mana kamu menyimpan fotonya. Klik “open” untuk membuka foto.

cara-membuat-pas-foto-4x6

2. Crop foto menggunakan “rectangular marquee tool“. Lakukan seleksi pada gambar untuk mengambil bagian wajah sampai dada. Setelah terseleksi, klik menu image -> crop seperti gambar di bawah ini.

pas-foto-80-persen-wajah

3. Kemudian untuk membuat pas foto ukuran 3×4 atau ukuran lain, caranya adalah silahkan klik pada menu image -> image size. Pada jendela image size, masukkan ukuran pas foto yang ingin kamu buat.

Misalnya kalau ingin membuat pas foto berukuran 3×4, kamu tinggal memasukkan ukurannya pada filed width dan height seperti gambar di bawah ini. Klik OK untuk melanjutkan.

cara-membuat-pas-foto-di-photoshop

4. Setelah menentukan ukuran pas foto yang akan dibuat, selanjutnya untuk mengubah warna latar foto menjadi background biru atau merah, kita terlebih dahulu harus menghapus background asli dari foto tadi.

pas-foto-hitam-putih

Ada beberapa tool yang bisa digunakan, tapi kali ini, kami menggunakan “polygon lasso tool“. Alasannya karena dengan tool ini kita akan lebih mudah menghapus background foto yang warnanya tidak sama. Sedangkan kalau warna latar belakang asli foto kamu satu warna misalnya warna putih, maka kamu bisa menggunakan “magic wand tool“.

pas-foto-4x6-di-word
Hasil akhir setelah foto di crop dengan “polygon lasso tool

Kalau kamu masih kesulitan menghapus background foto, kamu bisa membaca artikel kami tentang cara menghapus background foto di Photoshop.

5. Setelah background asli berhasil dihapus, kamu bisa langsung memberikan warna background berdasarkan angka tahun lahir. Tapi sebelum itu, silahkan buat layer baru dengan klik pada icon new layer yang terletak di pojok kanan bawah. Lihat gambar di bawah ini.

cara-buat-pas-foto-sendiri

6. Sebelum memberikan warna background, pastikan layer baru kamu letakkan di bawah layer yang berisi foto yang sudah dihapus background aslinya tadi. Lihat kembali gambar di atas. Pastikan urutan layer-nya seperti itu ya.

7. Nah, untuk memberikan warna background biru atau merah, silahkan klik pada layer baru dilanjutkan klik pada “paint bucket tool“.

cara-edit-pas-foto-di-photoshop

8. Atur warna yang kamu inginkan dengan cara klik lagi pada “color picker” yang terletak di pojok kiri bawah. Lihat gambar.

cara-mudah-banget-membuat-pas-foto

9. Pada jendela “color picker“, silahkan pilih warna yang kamu inginkan. Pada contoh ini kami coba gunakan warna biru. Lalu klik OK.

cara-membuat-pas-foto-dengan-photoshop-cs4

10. Setelah itu silahkan klik kiri saja di atas foto. Pastikan layer yang terpilih adalah layer baru (kosong) tadi ya. Maka warna background foto akan berganti sesuai warna yang kamu pilih pada “color picker“. Lihat gambar.

cara-membuat-ukuran-foto-4x6-di-photoshop

Nah, sampai disini kamu sudah berhasil membuat pas foto sendiri. Sekarang kamu bisa menyimpan pas foto kamu dalam bentuk file jpg ataupun jenis file lainnya.

Jangan lupa juga simpan file pas foto dalam bentuk psd agar di lain waktu kamu bisa mengubah ukuran ataupun warna background pas foto.

Tips Agar Foto Terlihat Lebih Menyatu Dengan Background

Jika diperhatikan, hasil akhir yang kita dapatkan dari cara membuat pas foto di atas, obyek fotonya masih kurang menyatu dengan background.

Nah agar obyek fotonya terlihat lebih masuk dan menyatu dengan background-nya, kamu bisa menghaluskan semua bagian pinggir foto menggunakan “blur tool“.

cara-membuat-pas-foto-sendiri

Setelah “blur tool” aktif, kamu hanya perlu menggeser mouse mengikuti bagian pinggir foto. Lakukan pelan-pelan agar hasilnya lebih halus.

Penutup

Demikianlah panduan atau tutorial cara membuat pas foto sendiri dengan software Photoshop. Semoga artikel ini membantu sehingga kamu tidak perlu lagi membayar jasa tukang foto.

Kalau kamu hobi melakukan editing foto, kamu juga bisa coba-coba beberapa aplikasi edit foto online apabila di PC kamu kebetulan belum ter-install aplikasi Photoshop. Terima kasih.

Lelaki sederhana, penyendiri. Suka nonton bola dan baca tech news :)

Kamu juga pasti ingin membaca artikel lainnya berikut ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *