Sosial Media

9+ Langkah Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah WA

Verifikasi 2 langkah WhatsApp dapat kamu manfaatkan untuk menambah keamanan akun WA kamu sehingga terhindar dari penyadapan. Cara mengaktifkan fitur ini bisa kamu pelajari selengkapnya di artikel ini.

WhatsApp sangat menjaga kerahasiaan data-data chatting penggunanya.

Hal ini dibuktikan dengan digunakannya enkripsi data end to end yang artinya pesan-pesan yang kamu kirim via WhatsApp hanya bisa dibaca oleh kamu sendiri dan penerima.

Selain itu, dari sisi keamanan akun, WhatsApp juga sudah menyematkan fitur bernama verifikasi dua langkah yang bisa kamu gunakan agar akun kamu tidak bisa diakses orang lain.

Fitur ini menurut kami sangatlah penting dan sebaiknya kamu aktifkan.

Terlebih karena saat ini semakin marak isu tentang penyadapan atau hack akun WhatsApp, maka bagi kami pribadi fitur ini bukan saja penting tapi wajib diaktifkan.

Nah kalau kamu belum tahu cara mengaktifkan verifikasi 2 langkah WhatsApp, berikut bisa kamu simak tutorial lengkapnya.

Apa Itu Verifikasi 2 Langkah WhatsApp?

Secara sederhana verifikasi 2 langkah di WhatsApp adalah sebuah fitur keamanan yang dimiliki aplikasi WhatsApp.

Dengan mengaktifkan fitur ini, maka orang lain tidak bisa lagi mendaftarkan nomor yang sebelumnya sudah terdaftar di aplikasi WhatsApp.

Misalnya kalau kamu sudah mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah dan ada orang iseng yang ingin mendaftarkan ulang nomor kamu, maka saat proses registrasi, WhatsApp akan meminta kode PIN verifikasi 2 langkah yang sebelumnya sudah kamu buat saat mengaktifkan fitur ini.

Jadi bisa ditebak, kalau orang tersebut tidak mengetahui PIN yang kamu buat, maka sampai kapanpun dia tidak akan berhasil mendaftarkan ulang nomor kamu.

Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir lagi akan bahaya penyadapan akun WhatsApp oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Oke, lalu bagaimana caranya mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah di WA? Tenang, panduan selengkapnya akan segera kamu temukan di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah WhatsApp

Sekali lagi fitur ini menurut kami sangat penting untuk kamu aktifkan.

Tidak ada alasan untuk tidak menggunakannya karena fitur ini akan memberikan keamanan ganda pada akun WhatsApp kamu.

Berikut cara mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah di WhatsApp:

Jalankan Aplikasi WhatsApp

Yang pertama tentu silahkan buka aplikasi WhatsApp kamu.

Buka Menu Setelan

Setelah masuk ke jendela obrolan atau chat, silahkan ketuk tanda titik tiga di kanan atas layar aplikasi WA. Kemudian silahkan masuk ke menu “Setelan”.

cara-verifikasi-2-langkah-wa

Pilih Menu Akun

Di dalam menu setelan kamu akan melihat beberapa menu lagi diantaranya menu “Akun”, “Chat”, “Notifikasi” dan yang lainnya. Di sini silahkan pilih menu “Akun”.

Pilih Menu Verifikasi 2 Langkah

Berikutnya di dalam menu akun, kamu juga akan mendapati beberapa menu lagi diantaranya menu “Privasi”, “Keamana”, “Verifikasi Dua Langkah”, “Ganti Nomor” dan yang lainnya. Di sini silahkan pilih menu “Verifikasi Dua Langkah”.

cara-menggunakan-verifikasi-dua-langkah-whatsapp

Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Nah di halaman menu “Verifikasi Dua Langkah”, kamu hanya perlu mengetuk tombol “Aktifkan” untuk lanjut ke tahap berikutnya.

Masukkan PIN Verifikasi

Akan muncul jendela atau halaman untuk verifikasi dua langkah. Di sini kamu akan diminta untuk memasukkan 6 digit kode atau PIN sebagai kode keamanan yang nantinya akan diminta oleh pihak WhatsApp jika ada orang yang akan mendaftarkan ulang nomor kamu atau ingin menyadap nomor WA kamu.

kode-pin-verifikasi-2-langkah-wa

Saran kami di sini kamu bisa membuat kode yang rumit tapi mudah diingat oleh kamu sendiri. Setelah memasukkan PIN, silahkan lanjutkan ketuk tombol “Lanjut”.

Konfirmasi PIN

Setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan kembali PIN yang sudah kamu buat tadi. Istilahnya konfirmasi PIN. Di sini kamu masukkan saja kode yang persis sama seperti yang kamu buat pada langkah keenam. Kemudian ketuk tombol “Lanjut”.

Masukkan Alamat Email

Di halaman selanjutnya kamu akan diminta juga untuk menambahkan alamat email aktif yang fungsinya sebagai backup kalau misalnya suatu saat kamu lupa PIN atau kode verifikasi dua langkah yang sudah kamu buat pada langkah keenam.

Di sini, silahkan kamu masukkan alamat email kamu yang aktif, ya.

email-verifikasi-2-langkah-whatsapp

Sebenarnya ini opsional saja yang artinya kalau kamu belum punya email atau tidak ingin menambahkan alamat email, kamu juga bisa melewati langkah ini.

Tapi menurut kami, sebaiknya kamu memasukkan email sebagai langkah jaga-jaga. Setelah itu silahakan ketuk tombol “Lanjut”.

Konfirmasi Email

Sama seperti langkah ketujuh di atas, setelah mengetuk tombol lanjut pada langkah kedelapan, akan muncul halaman untuk konfirmasi email. Di sini silahkan masukkan ulang alamat email yang kamu isi pada langkah kedelapan. Kemudian ketuk tombol “Simpan”.

Akhiri Proses

Nah setelah itu jika kamu mendapati halaman seperti gambar di bawah ini, itu artinya kamu sudah berhasil mengaktifkan verifikasi 2 langkah WhatsApp.

cara-aktifkan-fitur-verifikasi-2-langkah-whatsapp

Sampai di sini fitur verifikasi 2 langkah di aplikasi WhatsApp kamu sudah aktif.

Sekarang kalau ada orang lain yang ingin coba-coba mendaftar ulang nomor kamu ke WhatsApp, maka ia akan dimintai kode atau PIN verifikasi dua langkah yang sudah kamu buat tadi.

Baru punya ponsel Android dan ingin belajar cara menggunakan WhatsApp? Silahkan baca artikel kami tentang cara buat akun WA baru sekaligus cara menggunakannya.

Penutup

Bagaimana? Mudah kan, cara menggunakan verifikasi dua langkah di WhatsApp?

Yang perlu diperhatikan adalah bisa saja kamu lupa terhadap PIN verifikasi dua langkah yang kamu buat sendiri.

Meskipun PIN tersebut bisa kamu atur ulang melalui email, tapi tidak ada salahnya kalau kamu mencatat kode PIN tersebut dan simpan di lokasi yang aman.

Faktanya tidak sedikit pengguna WhatsApp yang mengaktifkan verifikasi dua langkah tapi akhirnya gagal login ke WhatsApp mereka karena lupa kode verifikasi ini.

Karena itu, selain sangat penting untuk menambahkan alamat email, membuat PIN yang mudah diingat dan mencatat serta menyimpannya di tempat yang tidak diketahui orang lain adalah langkah yang paling tepat.

Akhirnya semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu sekalian ya. Terima kasih sudah mampir dan jangan lupa tambah wawasan kamu seputar teknologi dengan membaca artikel-artikel lainnya di situs ini seperti artikel tentang cara perbarui WhatsApp dan berbagai artikel menarik lainnya. Bye-bye.

Lelaki sederhana, penyendiri. Suka nonton bola dan baca tech news :)

Kamu juga pasti ingin membaca artikel lainnya berikut ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *