6 Cara Menemukan Hosting Terbaik untuk Kebutuhan Website

Manfaat yang dimiliki oleh layanan hosting, memang sulit dipisahkan dari website. Maka dari itu kami akan memberikan cara menemukan hosting terbaik, agar Anda bisa menemukan layanan hosting terbaik versi Anda, dan pastinya sesuai dengan kebutuhan website.

Setiap website memiliki kebutuhan berbeda-beda, jika website yang dimiliki mempunyai pengunjung cukup banyak, maka Anda memerlukan sumber daya hosting lebih banyak juga. Kapasitas dan performa sebuah situs, tergantung dengan layanan dari provider tersebut.

Banyak sekali penyedia hosting yang menawarkan spesifikasi dengan harga beragam, tentunya jangan jadikan harga sebagai patokan. Utamakan spesifikasi yang mereka tawarkan, apakah sudah sesuai dengan layanan yang ingin Anda dapatkan.

6 Cara Menemukan Hosting Terbaik bagi Website Anda

Terdapat beberapa faktor yang menentukan, apakah hosting pilihan Anda merupakan pilihan terbaik atau tidak. Kebutuhan website harus disesuaikan dengan jenis hosting, agar Anda memahaminya, kami akan memberikan beberapa tips untuk menemukan provider terbaik.

1.   Jenis Layanan

Setiap provider penyedia hosting menawarkan layanan berbeda-beda, dan tugas Anda adalah menentukan jenis layanan seperti apa yang menjadi kebutuhan website.

Jangan mudah percaya bahwa prover tertentu dapat memberikan layanan terbaik, namun nyatanya kurang cocok pada jenis website Anda. Perhatikan spesialisasi provider hosting tersebut, agar Anda bisa menemukan provider terbaik untuk mendapatkan layanan hosting.

2.   Fitur Keamanan

Cara menemukan hosting terbaik selanjutnya adalah dengan menemukan provider, yang bisa memberikan keamanan bagi website Anda. Menggunakan hosting, sama saja memberikan kepercayaan kepada pihak ketiga atas data-data penting website.

Sehingga salah satu cara untuk mengetahuinya adalah, dengan memastikan bahwa provider tersebut memang memiliki fitur keamanan bagi customernya seperti firewall hingga end to end security, dengan begitu maka Anda bisa memberikan kepercayaan kepada mereka.

3.   Performa Server

Setiap provider memiliki waktu uptime berbeda-beda, waktu uptime akan mempengaruhi kecepatan server website. Semakin tinggi waktu uptime maka akan lebih baik, karena memungkinkan para visitor website untuk berkunjung kapanpun meski dalam kondisi high traffic.

Untuk mengecek bagaimana performa server sebuah provider, Anda bisa memperhatikan spesifikasi server data center mereka. Seperti halnya teknologi dari provider tersebut, kapasitas RAM, jenis harddisk yang digunakan, prosesor hingga network speed.

4.   Hardware dan Software

Hardware dan software juga menjadi penentu dalam cara menemukan hosting terbaik, sebab kualitas dari keduanya juga berpengaruh pada kinerja server. Jika kualitas hardware yang digunakan oleh provider hosting tidak cukup baik, maka bisa saja kinerja server akan terganggu.

Sama halnya dengan software, jika provider tersebut menggunakan jenis software dan teknologi terbaru, maka kualitas server yang dihasilkan akan lebih baik. Jadi akan lebih baik juga Anda juga memperhatikan, bagaimana kualitas software dan hardware dari provider tersebut.

5.   Fitur Add-Ons

Fitur tambahan yang ditawarkan oleh provider, biasanya dapat membuat layanan menjadi lebih menarik. Terkadang layanan yang diberikan juga bermanfaat bagi pemilik website, seperti free domain, automatic backup, dan energy-saving.

6.   Harga dan Biaya Perpanjangan

Harga juga memegang peranan penting bagi pemilik website, karena beberapa provider menawarkan layanan menarik namun dengan harga terlalu mahal. Maka dari itu sebagai konsumen, Anda perlu untuk melakukan riset rata-rata harga untuk menyewa hosting.

Jangan mudah tergiur dengan harga murah, namun kualitas yang diberikan belum pasti. Pastikan bahwa provider pilihan Anda sudah berpengalaman, dan juga sesuaikan dengan budget yang Anda miliki, serta kebutuhan dari website tersebut.

Tidak sulit untuk menemukan provider terbaik, yang bisa memenuhi kebutuhan website Anda. Buatlah perbandingan apakah spesifikasi yang diberikan, dengan harga yang ditawarkan sebanding atau tidak, dan aplikasikan cara menemukan hosting terbaik saat memilih.